Tentang Sebuah Pekerjaan (Part II)

Terakhir saya memposting bagian I, itu Oktober 2008, hampir 3 tahun yang lalu, wow! Dan alhamdulillah saat ini saya masih bekerja di kantor yang sama. So, apakah telah terjadi perubahan? Apakah kegiatan saya di kantor masih sama? Atau berbeda? Sekarang sudah jadi satpam mungkin? Ah jangan berpikir terlalu jauh, kalo terlalu jauh nanti bingung pulangnya :))

Okay, predikat saya masih sama dari sebelumnya: Editor. Yang agak berbeda adalah kalo dulu editor cut-to-cut yang kesehariannya mengerjakan program² hard news, sekarang saya editor linear yang mengerjakan program² soft news/magazines.

Semenjak terjadi arus hilir mudik status kepegawaian (you know, people come and go for their own reason), saya ditugaskan ke bagian linear editing menggantikan posisi seorang kawan yg purnawirawan untuk mengerjakan program One Stop Football, Paradiso dan Asli Enak.

Agak sedikit kaget juga ketika tau saya dipindah. Perasaan cemas sudah pasti ada. Beralih dari non linear ke linear editing tidaklah mudah, saya harus mulai kembali mengumpulkan ingatan ngedit FCP yang berserakan entah di mana. Ya, sepanjang perjalanan saya, terkadang terselip jadwal mengedit di FCP, sekedar untuk mem-back up editor OSF yang sedang cuti. Kecemasan coba saya ubah menjadi sebuah tantangan. Masa² "There's always a first time for everything" telah lewat, saya harus bisa dan terbiasa dengan FCP.
Sekarang sudah hampir setahun (atau lebih ya? Jujur saya lupa kapan saya ditempatkan di FCP) saya mendiami Booth B*, alhamdulillah sekarang saya sudah terbiasa.

Tentu saja, sebagai penggemar sepakbola saya merasa berada di 'surga' ngedit OSF, bukan berarti pula saya tidak meminati program lain yang saya kerjakan, bagamanapun dedikasi dan totalitas bekerja adalah hal wajib buat saya. Saya anggap ngedit OSF adalah bonus hehe.. Saya bisa update hasil pertandingan, profil pemain, dan lain sebagainya. Tantangan mengedit OSF adalah saya harus bisa memberikan sentuhan² efek dan grafis dan selalu ada kepuasan tersendiri ketika hasil editan kita lebih baik dari waktu ke waktu. Apalagi jika user meminta lagu band saya, One Man Karaoke dipasang untuk jadi backsound :D

Asli Enak dan Paradiso pun memiliki tantangan masing², tapi masih bisa dibilang mirip, karena tentu saja keduanya merupakan program news. Saya ditantang untuk membuat editan yg berkesinambungan (continuity) supaya menjadi asli enak ditonton ehehe...

Mungkin suatu saat saya akan memposting hasil editan² saya di sini, tapi saya tidak bisa janji, kalo gk dikasih izin saya angkat tangan hehe... Untuk sementara, tonton terus One Stop Football, Paradiso dan Asli Enak yaaa :)


*booth b adalah ruang editing sebelahnya booth A dan E, depannya booth C, yang mengedit
program OSF, Paradiso dan Asli Enak

0 komentar: