KATA-KATA HEWANI

Nyengir Kuda. (gambar nyomot dari imageshack)
Sadar atau tidak, kita suka menggunakan kata2 yg bersifat hewani. Contoh misalnya "Gara2 semalem nongton bola antara AC Milan vs AC Kaligis, tadi gua di bis cuman tidur2 AYAM". Contoh lain, "Tadi ogut ketemu gebetan di jembatan, ternyata itu bapaknya (cuma mirip doang), gua cuman bisa nyengir KUDA broh..", "Tong! Udeh embat tuh kueh cincin, pake malu2 kucing segala lu!"

Dari sudut pandang saya, kebanyakan hewan2 yang dijadikan objek itu adalah hewan2 yang populer, hewan2 major label. Kucing, ayam, kuda, dll. Cobalah berani mendobrak batas2 yang menjadi pakem masyarakat selama ini, tidak ada yang melarang toh? Coba ganti lah misalnya, nyengir kuda dengan nyengir anemon laut, malu2 kucing dengan malu2 plankton, atau tidur ayam dengan tidur curut.

Kalau memang malu atau tidak berani, cobalah lebih divariasikan lagi, biar kosakata kita semakin kaya raya makmur sentosa. Kayak misalnya nyengir kuda, tambahin dikit jadi nyengir kuda laut,  nyengir kuda lumping, nyengir kuda catur. Malu2 kucing tambahin dikit jadi malu2 kucing dapur, malu2 kucing komplek, asal jangan malu2 kuching, itu kurang lengkap. Yang lengkapnya adalah malu2 kuching, sarawak, malaysia.

Contoh yang lain misalnya 'tidur ayam bertelur' yang artinya kira2 tidur dalam keadaan benar2 nyenyak dengan posisi seperti ayam bertelur. 'Tidur ayam anul', yang artinya cuma ariel peterpan yang udah pernah.

Nah, daripada menggunakan hewani, kenapa gak coba menggunakan kata2 nabati? "Aduh badan gua lemes2 daon bawang nih broh, abis olahraga catur kemaren", atau "Asli broh tadi gua salah masuk WC, muka gua jadi ungu terong gara2 tengshin". 

Pada intinya, saya cuma ingin menyampaikan bahwasanya penggunaan kata2 itu tidal mengenal batas, lakukan sedikit mix n match, pimp some words, sejauh elu nyaman, just go with it :)

0 komentar: